Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 4 (2021): Edisi November 2021

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

Abdul Karim (Unknown)
Ahmad Harjono (Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, sikap ilmiah, serta interaksi model inkuiri dan GI peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 37 Cakranegara sebanyak 47 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelas A dan B. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik sampling jenuh yaitu tehnik penentuan sampel yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan non tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui adakah perbedaan model inkuiri dan GI terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada kelas inkuiri (51,78) dan kelas GI (62,81). Hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,005 untuk hasil belajar yang dapat dikatakan signifikan, selanjutnya sig. 0,199 > 0,005 pada sikap ilmiah yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah terhadap hasil belajar, dan sig. 0,687 > 0,05 untuk interaksi yang dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran IPA SDN 37 Cakranegara Tahun pelajaran 2019/2020

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...