Dalam proses pembelajaran metode adalah cara ajar guru dalam pemebelajaran. bagaimana cara guru mengenalkan konsep dasar literasi kepada anak usia dini untuk bekal memasuki jenjang pendidikan SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode guru untuk mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD sebagai persiapan memasuki SD, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan metode dalam mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan trianggulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan beberapa metode untuk mengenalkan konsep dasar literasi diantaranya metode belajar langsung atau melalui bermain, melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, bermain peran, bercerita, atau mendongeng. adapun faktor yang mempengaruhui guru untuk menggunakan staregi dalam mengenalkan konsep dasar literasi ialah karateristik peserta didik yang berbeda, kemampuan anak masih rendah, tuntutan orang tua dan prasyarat bisa membaca untuk masuk SD.
Copyrights © 2021