Jurnal Revolusi Indonesia
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Revolusi Indonesia

Metode Guru untuk Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di Paud




Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Dalam proses pembelajaran metode adalah cara ajar guru dalam pemebelajaran. bagaimana cara guru mengenalkan konsep dasar literasi kepada anak usia dini untuk bekal memasuki jenjang pendidikan SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode guru untuk mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD sebagai persiapan memasuki SD, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan metode dalam mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan trianggulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan beberapa metode untuk mengenalkan konsep dasar literasi diantaranya metode belajar langsung atau melalui bermain, melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, bermain peran, bercerita, atau mendongeng. adapun faktor yang mempengaruhui guru untuk menggunakan staregi dalam mengenalkan konsep dasar literasi ialah karateristik peserta didik yang berbeda, kemampuan anak masih rendah, tuntutan orang tua dan prasyarat bisa membaca untuk masuk SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) is a national scale journal covering social science studies. This journal focuses on community service, public administration, social influence, institutional, local government systems, public health, etc. Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) will be issued regularly ...