Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemanfaatan media pembelajaran biologi selama proses pembelaajran Hybrid berlangsung di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner siswa. Hasil penelitian meunjukkan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan secara Hybrid yang diikuti 11 siswa secara luring dan 20 siswa secara daring. Media pembelajaran yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yaitu video animasi, zoom cloud meeting, lcd proyektor dan media presentasi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan mudah dioperasikan untuk siswa yang luring namun guru mengalami kesulitan untuk siswa yang belajar secara daring. Hasil 80% siswa memperoleh kesulitan dalam proses pembelajaran dan seluruh siswa membutuhkan media pembelajaran berbantuan teknologi untuk menunjajng proses pembelajaran baik secara daring maupun luring. Adapun kesimpulan penelitian ini memberikan rekomendasi pemanfaatan media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi yang dapat menampilkan gambar bergerak atau video baik secara daring maupun luring dalam waktu bersamaan untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa.
Copyrights © 2021