Salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai penunjang dari keberhasilan pendidikan adalah dengan memahami dan menerapkan metode yang tepat dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini mengkaji dan mempelajari lebih jauh lagi tentang nilai agama melalui metode bercerita. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media boneka kayu dapat membantu menstimulasi nilai agama pada anak usia dini dalam gerakan sholat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tersedianya media yang mendukung untuk stimulasi nilai agama dalam hal gerakan sholat. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk menggambarkan dan menjelaskan pentingnya stimulasi nilai agama pada anak usia 4-5 tahun dalam hal gerakan sholat melalui metode bercerita dengan boneka kayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data yang dihasilkan merupakan data deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek yang diamati. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A usia 4-5 tahun sebanyak 14 anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44 Jalan Trunojoyo X/26 Kelurahan Padangsari Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Hasil analisis stimulasi nilai agama pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita dengan boneka kayu di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44 Semarang, dari 14 subyek penelitian diperoleh data bahwa dengan media boneka kayu dapat membantu dalam menstimulasi gerakan sholat pada anak seperti; berdiri tegak, takbiratul ihram, bersedekap, ruku’, iktidal,  sujud, duduk antara dua sujud (duduk iftirasy), tasyahud awal, tasyahud akhir, dan salam. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah sekolah dapat memberikan fasilitas kepada guru untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, terutama dalam hal bidang keguruan dan memberikan sarana dan program kepada guru agar kompetensi guru terus berkembang.Kata Kunci: Boneka Kayu, Gerakan, Sholat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022