Automata
Vol. 3 No. 1 (2022)

Analisis Sentimen Publik di Media Sosial Instagram atas Kinerja Presiden Joko Widodo

AMIN NUR ROHIM (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
Ahmad Raf”ie Pratama (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Abstrak— Di dunia politik saat ini situs media sosial Instagram sering digunakan menjadi sarana promosi politik dan menimbulkan banyaknya komentar dari pengguna baik positif maupun negatif. Kinerja Presiden yang sedang berjalan  saat ini pun tidak luput dari banyaknya komentar pengguna Instagram. Adanya masalah tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis sentimen terkait kinerja politik Presiden Joko Widodo berdasarkan komentar yang ada pada media sosial Instagram. Proses analisis dilakukan dengan memanfaatkan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dan ekstraksi fitur Tf-idf dengan total jumlah data 1152 komentar yang didapatkan dari beberapa postingan mengenai Presiden Joko Widodo. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan ditemukan bahwa metode NBC mampu melakukan analisis sentimen terkait komentar tentang politik dengan baik dibuktikan dengan adanya nilai Accuracy 83%, Precision 81%, Recall 84% dan hasil dari analisis sentimen terhadap data komentar menunjukan bahwa sentimen positif berdasarkan kemunculan kata didominasi oleh kata sehat, bangga, mantap, presiden, dan keren. Sedangkan untuk kelas sentimen negatif kata-kata yang mendominasi adalah PCR, bumn, hutan, dan vaksin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...