JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 1: April 2021

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI

Sukarma, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS MA NW Mengkuru. Rumusan masalah yang diajukan yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS MA NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS MA NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama penyampaian materi dan pertemuan kedua evaluasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.C IPS MA NW Mengkuru yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sumber data, jenis data dan cara pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan aktivitas mengajar guru dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh siklus I pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,66%, sedangkan pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Peningkaan keberhasilan dari siklus I dan siklus II adalah 23,34%. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI.C IPS MA NW Mengkuru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...