JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 2: Oktober 2021

Pengembangan Model Pembelajaran Online Menggunakan Learning Management System Bintaraloka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 3 Malang

Utien Kustianing (STAI AL AMIN GERSIK KEDIRI)
Kasuwi Saiban (Ilmu Hukum, Universitas Merdeka, Malang, Indonesia)
Abd Azis Tata Pangarsa (Pascasarjana STAI Ma'
had Aly Al Hikam Malang, Malang, Indonesia
)

M. Yunus Abu Bakar (Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran online menggunakan learning management system yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pengembangan produk didasarkan pada model 4D yang dibatasi pada 3 tahap yaitu define, design dan develop. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran online menggunakan learning management system pada SMP Negeri 3 Malang yang dikembangkan dianggap layak. Dengan demikian, produk yang dikembangkan cocok untuk digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini akan dilanjutkan pada tahapan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Selain itu, model pembelajaran online menggunakan learning management system dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga disarankan pada lembaga pendidikan dapat menggunakan model pembelajaran online menggunakan learning management system dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Learning Management System dan Kemampuan Berpikir Kritis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...