JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 2: Oktober 2021

Pengembangan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI

Djuita Hidayati (Program studi, Universitas Islam Negeri Mataram)
Rina Yunita Rahmawati, (Universitas Islam Negeri Mataram)
Miftahul Husna Riadi (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, pengembangan tersebut dapat dimulai dari proses pembelajaran yang menarik seperti menggunakan video sebagai referensi serta media dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah serta mengeksplorasi jurnal-jurnal atau informasi lainnya yang relevan dengan kajian. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori Layak dengan rincian: (1) uji ahli materi mendapatkan hasil rerata 3,6 yaitu dikategorikan sangat layak (2) uji ahli media mendapatkan hasil rerata 3,25 yaitu dikategorikan layak (3) uji skala kecil oleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,46 yaitu dikategorikan layak, (4) uji skala besar oleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,14 yaitu dikategorikan layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...