Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, pengembangan tersebut dapat dimulai dari proses pembelajaran yang menarik seperti menggunakan video sebagai referensi serta media dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah serta mengeksplorasi jurnal-jurnal atau informasi lainnya yang relevan dengan kajian. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori Layak dengan rincian: (1) uji ahli materi mendapatkan hasil rerata 3,6 yaitu dikategorikan sangat layak (2) uji ahli media mendapatkan hasil rerata 3,25 yaitu dikategorikan layak (3) uji skala kecil oleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,46 yaitu dikategorikan layak, (4) uji skala besar oleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,14 yaitu dikategorikan layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021