Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 1 (2022): February, Pages 1-227

Penguatan Nilai Karakter Siswa melalui Tari Pendet di Sekolah Dasar

Irwan Irwan (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton)
Samritin Samritin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton)
Wa Ode Riniati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton)
Acoci Acoci (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton)
Jufri Agus (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton)
Mansur Mansur (Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Buton)
Ida Bagus Swanika (Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Buton)
Adus Sabiran (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk memahami dan memaknai penguatan nilai karakter siswa melalui tari Pendet di Sekolah Dasar 35 Buton. Metode pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode participatory action dalam bentuk small group discussion yang kegiatannya persiapan dan pelaksanaan penyuluhan. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa tari Pendet digunakan bukan sekadar untuk penyambutan dan tari hiburan yang secara formil datang dan berkunjung akan tetapi di dalamnya tari Pendet  terdapat penebaran nilai-nilai moral kaitannya dengan pendidikan karakter sebagai pembelajaran di sekolah, yang memberikan ruang, mendekatkan dan mengarahkan ke arah yang lebih positif terhadap lingkungan kehidupan siswa. Tari pendet mengandung makna dan nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam beberapa ragam gerak diantaranya pepeson, ngeseh, pengawak, ngelung, pengecet, pengadeng, pekaad. Makna ragam gerak tersebut terdiri dari makna religius, toleransi, disiplin, kerja keras dan komunikatif. Rekomendasi tari Pendet memiliki kemungkinan sebagai alternatif materi dalam pendidikan karakter di Sekolah Dasar, sebagai pembentukan pribadi dan pembumian nilai-nilai karakter. Simpulan kegiatan bahwa peserta penyuluhan berperan akftif dalam memberikan respon yang positif untuk memahami makna penguatan nilai karakter siswa melalui tari Pendet di Sekolah Dasar untuk dilaksanakan siswa dalam kehidupan sehar-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...