Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar. Modul literasi sains tersebut untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran daring pada materi ekosistem. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE dengan tahapan pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta peserta didik kelas V sekolah dasar sebagai calon pengguna produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar memperoleh presentase sebesar 91% dari ahli materi, 86% dari ahli bahasa, dan 84% dari ahli media dengan masing-masing kategori “sangat layak”. Hasil uji coba pengguna pada siswa memperoleh keseluruhan rata-rata sebesar 93% dengan kategori “sangat menarik”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem ini sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring dan menarik bagi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021