Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang valid untuk digunakan siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui proses validasi e-modul oleh validator ahli. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas VII B dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving memenuhi kriteria kevalidan yaitu valid konstruk dan valid isi yang tertuang dalam 8 aspek penilaian meliputi aspek relevansi materi, aspek pengorganisasian materi, aspek evaluasi, aspek bahasa, aspek efek bagi strategi pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan visual, dan aspek pengorganisasian e-modul. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dinyatakan valid dengan memperoleh rata-rata persentase skor penilaian dari 3 validator ahli sebesar 95,71% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2021