Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 5 No. 2 (2021): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

VALIDITAS E-MODUL PEMANASAN GLOBAL BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Leni Eka Putri (Universitas Jember)
I Ketut Mahardika (Universitas Jember)
Iwan Wicaksono (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang valid untuk digunakan siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui proses validasi e-modul oleh validator ahli. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas VII B dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving memenuhi kriteria kevalidan yaitu valid konstruk dan valid isi yang tertuang dalam 8 aspek penilaian meliputi aspek relevansi materi, aspek pengorganisasian materi, aspek evaluasi, aspek bahasa, aspek efek bagi strategi pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan visual, dan aspek pengorganisasian e-modul. E-modul pemanasan global berbasis creative problem solving dinyatakan valid dengan memperoleh rata-rata persentase skor penilaian dari 3 validator ahli sebesar 95,71% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul pemanasan global berbasis creative problem solving yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...