MSI Transaction on Education
Vol 3 No 1 (2022): MSI Transaction on Education

Efektivitas Token Economy Dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk Pada Anak ADHD

Syukria, Elgo (Unknown)
Rahmahtrisilvia, Rahmahtrisilvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

Siswa yang dikategorikan Attention deficit hyperaktivity disorder (ADHD) memiliki masalah ketahanan duduk dalam proses pembelajaran yang ditunjukan dengan serinya meninggalkan kursi tempat duduknya. Pada penelitian ini, dilakukan modifikasi perilaku menggunakan metode token economy dalam meningkatkan ketahanan duduk anak dengan kategori ADHD. Jenis penelitian menggunakan Single Subject Research dengan subjek anak ADHD dengan gejala hyperaktive. Penelitian ini menerapkan desain A1-B-A2 untuk mengetahui durasi ketahanan duduk anak sebelum diberi intervensi, saat diberi, dan setelah diberi intervensi menggunakan token economy dalam waktu 30 menit proses pembelajaran. Dari penelitian menggunakan desain A1-B-A2, didapatkan (A1) sebanyak empat kali diperoleh skor 0%, (B) sebanyak enam kali diperoleh skor 66,66%, dan (A2) sebanyak lima kali dan diperoleh skor 60%. Dengan demikian, konsep A1-B-A2 menggunakan token economy efektif dalam meningkatkan ketahanan duduk anak ADHD kelas I di MI No. 41/E3 SEMERAP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mted

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

MSI Transaction on Education is a Quarterly peer-reviewed and refereed open access journal that publishes articles which contribute new results in all areas of Education. The journal is devoted to the publication of high quality papers on theoretical and practical aspects of Educational research. ...