Siswa yang dikategorikan Attention deficit hyperaktivity disorder (ADHD) memiliki masalah ketahanan duduk dalam proses pembelajaran yang ditunjukan dengan serinya meninggalkan kursi tempat duduknya. Pada penelitian ini, dilakukan modifikasi perilaku menggunakan metode token economy dalam meningkatkan ketahanan duduk anak dengan kategori ADHD. Jenis penelitian menggunakan Single Subject Research dengan subjek anak ADHD dengan gejala hyperaktive. Penelitian ini menerapkan desain A1-B-A2 untuk mengetahui durasi ketahanan duduk anak sebelum diberi intervensi, saat diberi, dan setelah diberi intervensi menggunakan token economy dalam waktu 30 menit proses pembelajaran. Dari penelitian menggunakan desain A1-B-A2, didapatkan (A1) sebanyak empat kali diperoleh skor 0%, (B) sebanyak enam kali diperoleh skor 66,66%, dan (A2) sebanyak lima kali dan diperoleh skor 60%. Dengan demikian, konsep A1-B-A2 menggunakan token economy efektif dalam meningkatkan ketahanan duduk anak ADHD kelas I di MI No. 41/E3 SEMERAP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022