Indonesian Journal of Natural Science Education
Vol 4, No 2 (2021): November

PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Desi Rahmawati (Universitas Tidar)
Erna Ipmawati (Unknown)
Febrian Solikhin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi suhu dan perubahannya di kelas VII A MTs Muhammadiyah Srumbung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart (1988) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Muhammadiyah Srumbung. Objek penelitian adalah minat belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, survey, dan tes. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, serta lembar soal pre-test dan post-test. Di akhir siklus II didapat hasil bahwa tingkat aktivitas siswa dalam memperhatikan materi dan keaktifan dalam mengikuti kegiatan game kuis berkelompok dalam kategori sangat aktif dengan masing-masing persentasenya mencapai 90% dan 87%. Sedangkan persentase ketuntasan kumulatif di akhir siklus II mencapai 78,26%. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan telah berhasil dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis game meningkatkan minat belajar siswa sekaligus hasil belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijnse

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Indonesian Journal of Natural Science Education is a science and science education journal. The scope of articles published in the Indonesian Journal of Natural Science Education is a study in articles in the fields of Science Education, Biology Education, Physics Education, Chemistry Education, ...