Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2021

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi tentang Jati Diri (Talking About Self) melalui Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelas X MIPA.1 SMAN 4 Kota Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Sri Suciati (SMA Negeri 4 Kota Bima)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Hasil refleksi pra-sklus menunjukan, rendahnya hasil belajar siswa dengan indikator rata-rata yakni yakni 60.00 dengan ketuntasan klasikal 65.00%. Hal ini masih dibawah indikator kinerja yang ditentukan yakni rata-rata ≥70.00 dengan ketuntasan klasikal ≥75.00%. Adapaun masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana upaya (talking about self) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi tentang jati diri (talking about self) melalui penerapan metode role playing (bermain peran) di kelas X MIPA.1 SMAN 4 Kota Bima semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan Penelitan : 1. Mendeskripsikan penerapan metode role playing (bermain peran) dalam meningkatkan hasil belajar berbicara (speaking) siswa pada materi tentang jati diri (talking about self) d Kelas X MIPA-1 semester I SMAN 4 Kota Bima Tahun Peelajaran 2020/2021. 2. Mendeskripsikan dan menganalisis dampak  penerapan metode role playing (bermain peran) dalam meningkatkan hasil belajar berbicara (speaking) siswa pada materi tentang jati diri (talking about self) d Kelas X MIPA-1 semester I SMAN 4 Kota Bima Tahun Peelajaran 2020/2021. Subyek perbaikan adalah siswa-siswi kelas X MIPA-1 SMAN 4 Kota Bima dengan jumlah siswa 30 terdiri dari 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.  Perbaikan dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus I dari tanggal 10 Oktober 2020 sampai dengan 23 Oktober 2020 dan siklus II dilaksanakan tanggal 26 Oktober 2020 sampai dengan  18 November 2020. Hasil pos tes siklus I diatas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rata-rata 65,65 (+5,65), tetapi nilai ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yakni rata-rata ≥70. Persentase ketuntasan 67,85%, Persentase ini masih dibawah indikator kinerja yakni ≥ 75%. Skor kinerja guru kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran APKG I pada siklus I 90,15 % (+0,15%) dan skor kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran APKG II 89,55. (+0,55) tetapi nilai ini masih dibawah indikator yang ditetapkan yakni APKG I ≥90,50%, dan APKG II ≥90,00. Dengan demikian dari segi siklus I belum berhasil. Hasil pos tes siklus II diatas menunjukkan  bahwa hasil belajar siswa rata-rata 72,00 (+6,35). Persentase ketuntasan 80,00%, (+12,15%). Persentase ini telah memenuhi indikator kinerja yakni ≥75%. Skor ketuntasan guru kompetensi guru dalam melaksanakan Rencana Pembelajaran APKG I dengan prosestase ketuntasan 91,00% (+0,85%) dan skor kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran APKG II dengan porsentase ketuntasan 91,10 (+1,55).  Dengan perbaikan proses pembelajaran berhasil memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yakni ketuntasan guru dalam menyusun RPP APKG I ≥90,50%, dan APKG II ≥90,00. Peningkatkan prestasi belajar siswa, disebabkan oleh peningkatan aktivitas, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dengan penerapan metode role playing (bermain peran). Dengan demikian setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran sampai siklus II, telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, dan penelitian dianggap telah berhasil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...