Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2021

Penggunaan Google Form pada Pembelajaran Moda Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Materi Teori Relativitas Khusus di SMAN 4 Kota Bima Kelas XII MIPA 1 Semester Ganjil Tahun pelajaran 2020/2021

Sutarno Sutarno (SMA Negeri 4 Kota Bima)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Refleksi hasil pembelajaran pra-siklus yang telah dilakukan peneliti, motivasi siswa menunjukkan 60% siswa rendah, 25% sedang, 15% tinggi dan 0% sangat tinggi. Rendahnya motivasi belajar siswa ini  berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pra-siklus yakni prestasi belajar siswa yang dicapai siswa rata-rata rendah yakni: 73.00 dengan ketuntasan klasikal 74.00%. Hal ini masih dibawah indikator kinerja yang ditentukan yakni rata-rata ≥75.00 dengan ketuntasan klasikal ≥85.00%.  Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana penggunaan google form pada pembelajaran moda daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika materi teori relativitas khusus di SMAN 4 Kota Bima kelas XII MIPA.1 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan perbaikan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan penggunaan google form pada pembelajaran moda daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika materi teori relativitas khusus di SMAN 4 Kota Bima kelas XII MIPA.1 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021?. 2. Mendeskripsikan dampak penggunaan google form pada pembelajaran moda daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika materi teori relativitas khusus di SMAN 4 Kota Bima kelas XII MIPA.1 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021?. Perbaikan dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Perbaikan dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus I dari tanggal 17 Juli 2020 sampai dengan tanggal 24 Juli 2020 dan siklus II dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2020 sampai dengan 20 Agustus 2020. Subyek peenelitian adalah siswa SMAN 4 Kota Bima dengan jumlah siswa 30, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, dokumen dan tes. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, dokumen dan tes. Peningkatan hasil belajar siswa ini dapat dibandingkan dari hasil tes pra-perbaikan. Data motivasi belajar siklus I diatas menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kategori tinggi 53,33%, kategori sedang 26,67% dan kategori rendah 20%. Motivasi belajar siswa dinyatakan berhasil apabila minimal 75% siswa motivasi belajar tinggi, dan maksimal 10% siswa motivasi belajar rendah. Dengan demikian indikator motivasi belajar siklus I (pertama) belum berhasil. Hasil pos tes siklus I diatas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa matematika rata-rata 74.00 (+1.00), Prosentase ketuntasan klasikal 78.00% (+3.80), Prosentase ini masih dibawah indikator kinerja yakni ≥ 85%. Dari sisi prestasi belajar siklus I (pertama) belum berhasil. Data motivasi belajar siklus II diatas menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kategori tinggi 76,67%, kategori sedang 13,33% dan kategori rendah 6,67%. Motivasi belajar siswa dinyatakan berhasil apabila minimal 75% siswa motivasi belajar tinggi, dan maksimal 10% siswa motivasi belajar rendah. Dengan demikian indikator motivasi belajar siklus II (kedua) telah berhasil. Hasil pos tes siklus II diatas menunjukkan  bahwa hasil belajar siswa matematika rata-rata 80.60 (+6.60). Prosentase ketuntasan 89.00% (+11.00). Prosentase ini telah memenuhi indikator kinerja yakni ≥85.00%. Dengan demikian pada siklus II ini telah berhasil mencapai indikator yang ditetapkan yakni rata-rata ≥75.00 dan prosentase ketuntasan ≥85.00%. Dari sisi prestasi belajar siklus II (kedua) telah berhasil. Peningkatkan prestasi belajar siswa, disebabkan oleh peningkatan aktivitas, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring (online) berbasis Google Form yang dilaksanakan guru, sesuai dengan nilai kinerja guru. Dengan demikian setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran sampai siklus II, telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, dan penelitian dianggap telah berhasil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...