AL-QOLAM: Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 5, No 2 (2021): AL QOLAM: Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat

konsep Dakwah Melalui Pendidikan Multikultural Persfektif Al-Qur'an

Henrizal Hadi (UIN SUSKA RIAU)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian  Untuk menganalisis  pengertian dan aspek pendidikan multikultural, Untuk menganalisis  tujuan pendidikan Multikultural, Untuk mnganalisis  dasar atau konsep pendidikan Multikultural dalam prespektif  Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian Library reserch (penelitian kepustakan), melakukan penelitian dengan merujuk pada referensi sesuai judul penelitian. Analisis yang digunakan adalah Deskriptif . Hasil penelitian Pendidikan multikultural yaitu sebagai ushaa untuk dapat menanamkan nilai-nilai kebersamaan kepada pserta didik dalam lingkungan yang berbeda baik ras, etnik,agama ,budaya nilai-nillai, dan ideologi sehingga memiliki kemampuan untuk dapat hidup bersama dalam serta  dengan menerapkan  Lima dimensi aspek dalam pendidikan Multikultural. Tujuan pendidikan multikultural pendidikan yang bertujuan menghargai pluralisme budaya itu tidak hanya ditoleransi tetapi juga dirangkul dan keragaman pengalaman manusia itu diharapkan memberi keraifan sehingga kesadaran perbedaan akan melhirkan sikap toleran saling menghargai dan tolong menolong.Dalam prespektif Al-Quran , al-Quran memperkuat dan membuktikan bahwa  merupakan sumber ilmu yang dijadikan patokan dalam pendidikan multikultural sehingga disinilah misi islam sebagai rahmat bagi alam semesta akan terwujud.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alqolam

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Al-Qolam: Jurnal Dakwah dan Pemberdayaan masyarakat (p-2657-2168) (e-2774-9215) dikelola oleh Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam dan diterbitkan oleh STAI Hubbulwathan Duri dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Hal ini memberikan kesempatan kepada peneliti, dosen, pakar dan ...