Jurnal Pendidikan
Vol 4 No 1 (2022): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

B Erdiansyah (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Quasi eksperimen, dikatakan begitu karena dalam desain ini peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yaitu faktor luar yang tidak diteliti dan menjadi pengganggu sehingga mempengaruhi jalannya eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat mengambil kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks. Dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 2,53 dan t table = 1,67. Hal ini berarti hipotesis diterima maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks kelas XI SMAN 2 Kota Bima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...