Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 3, No 2 (2021): Agustus

Identifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Siswa di Gorontalo

Alma J Genes (Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo)
Astin Lukum (Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo)
Lukman A.R. Laliyo (Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman larutan penyangga siswa di Gorontalo, yang diukur dalam 5 aspek,yaitu: pengertian, prinsip kerja, pH dan pOH, pH asam basa,dan fungsi penyangga dalam tubuh manusia. Penelitian kuantitatif deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI (N=215) di Gorontalo. Data dijaring dengan instrumen tiga tingkat. Hasil penelitian ditemukan bahwa aspek pH asam basa (96.5%) paling sulit di pahami siswa, dibandingkan aspek fungsi larutan penyagga dalam tubuh manusia (94.9%), pH dan pOH (89.3%), prinsip kerja (83.7%), pengertian (48.8%). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa belum memahami dengan baik dan benar konsep larutan penyangga. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa diperlukan pembelajaran remedial untuk menyiapkan materi pembelajaran selanjutnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...