JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 7, No 1 (2022)

Penggunaan E-Learning Berbasis Google Clasroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Materi Statistik Siswa Kelas XII TKKR SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2020/2021

Sumaryati Fibriana (SMK Negeri 2 Selong)
I Ketut Sukarma (Universitas Mandalika Mataram)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XII TKKR- SMK 2 Selong dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XII TKKR- SMK 2 Selong melalui E-Learning berbasis Google Classroom. Kondisi pandemic covid-19 yang mengharuskan menerapkan Pysical distencing sehingga pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan dan terpaksa pembelajaran dilakukan secara online (daring) dan masih rendahnya motvasi siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket motivasi. Keterlaksanaan E-Learning berbasis Google Classroom dinyatakan dengan kategori sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik, sedangkan motivasi belajar matematika dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) keterlaksanaan E-Learning bebasis Google Classroom pada siklus I pada kategori cukup baik dan pada siklus II pada kateori baik. 2) Motivasi belajar matematika siswa kelas XII TKKR- SMK 2 Selong pada siklus I rendah ,siklus dua sedang, yaitu pada siklus I rata-rata motivasi belajar matematika adalah 56% sedangkan pada siklus II naik menjadi 72%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...