Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya referensi buku panduan untuk guru mengajar materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan R&D. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD. Objek penelitian ini adalah buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur penelitian dan pengembangan buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo menggunakan langkah ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate; (2) kualitas buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo adalah sangat baik dengan skor 3,55 dari skala 4 dan memenuhi kriteria buku panduan yang berkualitas menurut Puskurbuk (2018:9-24) serta memenuhi kriteria penyusunan perencanaan pembelajaran menurut Sanjaya (dalam Ananda, 2019:20).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022