EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Pengembangan Buku Panduan Guru Materi Debit Berbasis Etnomatematika Menggunakan Tradisi Bercocok Tanam Padi di Kulon Progo

Syifa Aliffia (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Christiyanti Aprinastuti (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Maria Agustina Amelia (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya referensi buku panduan untuk guru mengajar materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan R&D. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD. Objek penelitian ini adalah buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur penelitian dan pengembangan buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo menggunakan langkah ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate; (2) kualitas buku panduan guru materi debit berbasis etnomatematika menggunakan tradisi bercocok tanam padi di Kulon Progo adalah sangat baik dengan skor 3,55 dari skala 4 dan memenuhi kriteria buku panduan yang berkualitas menurut Puskurbuk (2018:9-24) serta memenuhi kriteria penyusunan perencanaan pembelajaran menurut Sanjaya (dalam Ananda, 2019:20).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...