EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Meta-Analysis antara Hubungan Self-Concept dengan Academic Achievement

Dewani Dama Shinta (Universitas Surabaya, Indonesia)
Ananta Yudiarsa (Universitas Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Pengalaman dan kualitas diri yang dimiliki seseorang dapat membentuk prestasi akademik yang baik, semakin positif konsep diri seseorang akan semakin tinggi prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-concept dan academic achievement dengan menggunakan metode meta-analysis melalui literatur reviu – 12 studi dari berbagai negara dengan 12 koefisien korelasi dengan jumlah total subjek sebanyak 5.036. Uji statistik menunjukkan bahwa self-concept dan academic achievement memiliki small effect size correlation (r = 0.25), dengan heterogenitas tinggi (I2 = 96%), dan nilai P sebesar 0.14 (α = 0.05) pada hasil indikator bias Egger menunjukkan tidak adanya bias publikasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa adanya hubungan antara self-concept dengan academic achievement secara tidak langsung

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...