EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Meta Analisis Model Problem Based Learning (PbL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Irene Octavia Rossytasari (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Eunice Widyanti Setyaningtyas (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem-based Learning (PbL) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dengan menganalisis 20 penelitian eksperimen yang sudah dipublikasi pada Google Scholar atau Google Cendekia. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Tahapan meta analisis dalam penelitian ini antara lain; (a) menetapkan topik, (b) mencari dan mengumpulkan data, (c) melihat kesesuaian isi artikel dengan permasalahan. (d) menghitung signifikansi dengan menggunakan Uji T, (e) menghitung Effect Size, dan (f) menganalisis. Dari hasil analisis 20 artikel, berdasarkan Uji Paired Sample Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) (0,000) < α (0,05) dan t hitung = -5,661 < t tabel = 2,093 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan menghasilkan Effect Size 0,65 dengan kategori besar. Hasil effect size sebesar 0,65 mempunyai makna bahwa adanya perlakuan antar variable, artinya adanya perlakuan yang signifikan, model pembelajaran Problem-based Learning dalam membangun keterampilan berpikir kritis siswa SD. Hal tersebut menunjukan bahwa Problem-based Learning efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...