EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Galuh Maheswari (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Puri Pramudiani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual animaker terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Pekayon 12. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa sebuah motivasi belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Post-Test Only Control Design. Jumlah sampel pada penelitian berjumlah 46 peserta didik yaitu kelas IV B yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas kontrol dan IV D yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Dalam perhitungan data analisis prasyarat penelitian menggunakan uji normalitas, homogenitas menggunakan uji-f, dan hipotesis uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menggunakan Uji-t dinyatakan kedua kelas menunjukkan thitung sebesar 6,514 > ttabel sebesar 1,680. Maka dapat disimpulkan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual animaker terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Pekayon 12

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...