EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pemikiran Pendidikan Ikhwan Al-Shafa Tentang Religius-Rasional dan Relevansi di Era Modern

Ayu Lika Rahmadani (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Ghufran Hasyim Achmad (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Di era modern pada saat ini tidak hanya memberikan dampak positif, akan tetapi juga membawa dampak negatif bagi para pengguna media digital, melihat peristiwa ini kirannya dapat menggunakan pemikiran filsafat Ikhwanus Shafa yang relevan dengan konsep pendidikan di era modern. Maka dari itu tujuan  dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Bagaimana pemikiran kelompok Ikhwanus Shafa tentang pendidikan dan bagaimana relevansi pemikiran kelompok Ikhwanus Shafa terhadap pendidikan di era modern. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan analisis sumber data maka dapat disimpulkan bahwa kelompok Ikhwan Al-Shafa memfokuskan pemikirannya pada bidang pendidikan degan tujuan terbentuknya kepribadian utama yang dilandasi nilai dan ukuran ajaran Islam. Hasil dari penelitian ini terlihat pada tujuan dari pendidikan nasional dan juga kurikulum 2013 dimana pendidikan yang dapat memberikan dan melatih kerampilan dan membekali diri dengan akhlak yang mulia. Dengan demikian, tujuan pendidikan tidak sekedar mempelajari dirinya sendiri, tetapi juga pada peningkatan manusia sebagai hamba, mengabdi dan mendaptkan ridha-Nya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...