EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring

Affan Rais Annauval (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Muhammad Abdul Ghofur (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Keluarga dan motivasi belajar meruapkan faktor penting yang sangat berpengaruh pada kinerja akademik siswa,khususnya pada pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini akan lebih fokus pada lingkungan keluarga dan motivasi belajar pada hasil belajar ekonomi pada pembelajaran daring. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial maupun simultan Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran  Ekonomi Pada Pembelajaran Daring. Populasi  penelitian  ini  adalah siswa  kelas  XI  IPS  MAN 2 NGANJUK yang  berjumlah  106  siswa. Metode  pengumpulan  data  menggunakan  data primer dan data sekunder, yaitu angket dan dokumentasi nilai UAS. Dalam penelitian ini analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa 1)  Lingkungan Keluarga tidak  mempunyai  pengaruh  signifikan.2) Hasil belajar dipengaruhi oleh Motivasi belajar secara positif dan signifikan .3) Hasil Belajar  Ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan  keluarga dan Motivasi Belajar secara bersama-sama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...