EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Fikri Alamsyah Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Epon Nur'aeni (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Muhammad Rijal Wahid Muharram (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran luas daerah segitiga dengan menggunakan media powerpoint di Sekolah Dasar. Karena peneliti menemukan kurangnya minat peserta didik ketika menggunakan media pembelajaran konvensional di Sekolah Dasar. Media Powerpoint merupakan media yang mudah serta banyak digunakan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan populasi Kelas IV di SDN 1 Sukamaju sebanyak 56 peserta didik dan sampel ditentukan secara Purvosive Sampling (Sampel Bertujuan) yaitu Kelas IVA sebanyak 28 Peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan Kelas IVB sebanyak 28 Peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Angket minat belajar dengan jumlah 8 nomor item. Teknik analisis menggunakan Microsoft Office Excel 2010 dan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini setelah Uji hipotesis dengan Uji T menghasilkan t_hitung= 2,141 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 menghasilkan t_tabel=1,673. Dengan demikian, penggunaan media powerpoint terbukti efektif dalam pembelajaran materi luas daerah segitiga untuk meningkatkan minat belajar peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...