EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial pada Siswa SMA

Mujidin Mujidin (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Ajeng Rizky Ardhia Pramesti (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Husnul Khotimah Rustam (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Dukungan sosial dan kecerdasan emosional menjadi penggerak siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI. Sampel yang digunakan adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan. Jumlah responden sebanyak 78 orang. Kami mengumpulkannya dengan teknik cluster random sampling. Diuji dengan analisis regresi berganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan dukungan sosial dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Kecerdasan emosional dengan nilai signifikan 0,013 yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Siswa memiliki manajemen emosi dan motivasi yang kuat sehingga mampu beradaptasi dengan baik walaupun dengan situasi yang membosankan, mengantuk, sulit, dan tidak mudah diprediksi. Kecerdasan emosional memberi dampak positif sekaligus mendukung siswa untuk memperhatikan nilai sekolah maupun perangkat lainnya yang berkaitan dengan sekolah. Penelitian ini sudah membuktikan adanya pengaruh kecerdasan emosional, meskipun dukungan sosial tidak signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai evaluasi terhadap kualitas belajar siswa dan tentunya dukungan sosial dapat tercapai. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...