EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Blended Learning pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman I

Billy Hendrik (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia)
Mardhiah Masril (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia)
Firdaus Firdaus (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Penerapan blended learning menggunakan google classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dideskripsikan dalam artikel ini. Metode penelitian dengan deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 126 mahasiswa semester ganjil tahun 2020. Alat penelitian digunakan angket dengan skala likert. Mahasiswa dapat belajar lebih mandiri berkat penerapan blended learning, berdasarkan temuan penelitian ini. Hasil setiap indikatornya antara lain ketidaktergantungan terhadap orang lain sebesar 81,23%, memiliki kepercayaan diri 74,98%; berperilaku disiplin sebesar 80,41%, memiliki rasa tanggungjawab sebesar 79,52%; berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri sebesar 80,76%; dan melakukan kontrol diri sebesar 79,72%. Berdasarkan temuan tersebut, blended learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...