EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)

Nur Rokhanah (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Asri Widowati (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Eko Hari Sutanto (Sekolah Dasar Negeri Godean 1 Sleman, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas V SD Negeri 3 Sidoluhur. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Sidoluhur yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus I terdapat 21 siswa dengan kategori keaktifan belajar tinggi, 6 siswa dengan kategori sedang, dan 2 siswa dengan kategori rendah. Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 69.5%. Pada siklus II terdapat 27 siswa dengan kategori keaktifan belajar tinggi dan 2 siswa dengan kategori sedang. Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus II mencapai 82.4%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...