EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Kapitalisme Pendidikan vs Salafisme Pendidikan dalam Menghidupkan Karakter Siswa

Muhammad Novan Leany (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Subaidi Subaidi (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Indonesia masih mengalami krisis refleksi dunia pendidikan. Terutama, muncul paradigma-pradigma baru yang justru menggamangkan peserta didik dan orang tua. Sehingga, lembaga pendidikan masa kini seperti dieksploitatif, dan tidak sesuai dengan output dalam konsep penghidupan karakter. Artikel ini berjenis studi kepustakaan (library research) dan menggunakan metode kualitatif argumentatif. Data primernya adalah jurnal dan buku yang telah mengkaji persoalan paradigma dunia pendidikan selama sepuluh tahun. Adapun data sekundernya adalah sejumlah kumpulan literatur yang relavan dari data primer. analisis data sendiri diawali dengan penyajian kembali data-data yang telah dikumpulkan, lalu dilakukan deskripsi data, dan interpretasi dengan sejumlah konteks data yang telah diajukan. Hasil artikel ini menunjukkan belum ada sikap tegas pemerintah dalam memandang persoalan paradigma pendidikan tersebut. Sehingga, fokus ideologi dalam pendidikan karakter seperti terancam, seolah peserta didik di bawah naungan paradigma pendidikan yang masih gamang. Persoalan untuk menjadi media tanding paradigma kapitalisme dan salafisme pendidikan masih dalam perdebatan dalam dunia pendidikan terutama, masih tercampurnya masing-masing paradigma tersebut dalam ideologi politik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...