Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada materi zat tunggal dan zat campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi exsperiment yang dirancang dengan menggunakan desain penelitian Pretest dan Posttest Control Group Design. Besar sampel pada penelitian berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas V-A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan V-B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam perhitungan data analisis penelitian menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas menggunakan liliefors, homogenitas menggunakan uji fisher, dan hipotesis uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menggunakan Uji-t dinyatakan kedua kelas menunjukkan thitung sebesar 4,9414 > ttabel sebesar 2,0021. Sehingga dapat disimpulkan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada materi zat tunggal dan zat campuran
Copyrights © 2021