EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka di Pesantren Taruna Al Qur’an Putri Yogyakarta Masa Darurat Covid-19

Rafi’ul Akmal Athaillah (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Fatimah Nur Rahma (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
M. Syahrul Qhodi Alam (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Burhanudin Ahmad Fauzi (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Fransisca Wulandari (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Imam Safii (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Satu tahun lebih pandemi covid-19 melanda dunia dan berimbas pada dunia pendidikan termasuk pondok pesantren. Kebijakan terkait pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang dibuat oleh pemerintah melatarbelakangi Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an putri dalam pengambilan kebijakan pendidikan di pondok pesantren.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan-kebijakan pendidikan pada pembelajaran tatap muka di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri selama pandemic covid-19. Metode penelitian yang penulis gunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Peneliti mendeskripsikan suatu obyek, fenomena, atau setting sosial yang akan dilaporkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu pengungkapan data dilakukan kepada sumber data.Teknik ini dilakukan dengan menggabungkan teknik wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Putri telah menerapkan protokol kesehatan yang mengacu pada kebijakan pemerintahan tentang ketentuan dan panduan penyelenggaran pembelajaran tatap muka di pondok pesantren

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...