EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi

Rahmatia Thahir (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian ini adalah pre experiment dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI program studi Pendidikan biologi Angkatan 2018 sebanyak 55 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 20 orang, pemilihan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar mahasiswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal essai sebanyak 10 nomor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Kemudian data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan dan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 55 sedangkan nilai rata-rata pada saat posttest sebesar 80. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis Independent Sample T Test dan diperoleh nilai signifikasi p = 0,001 < α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran daring berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...