EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Peran Organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dalam Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Ilmu-Ilmu Sosial Madrasah Aliyah Se-Kota Payakumbuh

Desimarnis Desimarnis (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Sahidin Sahidin (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rusdinal Risdinal (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nurhizrah Gistituati (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran adalah wadah kolektif guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan seperti Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Melalui organisasi  Musyawarah Guru Mata Pelajaran para guru dapat memperluas pengetahuan terkait teknik, metode, dan media yang tepat untuk mendukung kebiasaan menulis dalam hal publikasi ilmiah dan karya inovatif. Metode yang digunakan yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah seperti buku pengayaan , buku bahan ajar, Lembaran Kerja Peserta didik atau buku pedoman guru yang dipromotori oleh pengurus inti Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Hasil dari pelatihan diharapkan peserta memahami konsep pengembangan keprofesian berkelanjutan dan memahami pentingnya pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. Pelatihan dilakukan tatap muka selama enam hari. Dari enam hari pertemuan yang telah diselenggarakan, hasil  pelatihan sampai pada pemaparan materi oleh narasumber, pembuatan sinopsis dan out line buku oleh peserta, kemudian dilanjutkan dengan pembimbingan online tiga bulan ke depan hingga lahirlah buku ber ISBN (International Standard Book Number) Setelah pelatihan ini guru Ilmu Sosial Madrasah Aliyah di Kementerian Agama Kota Paykumbuh berhasil melahirkan sebanyak 32 buku

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...