EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama

Lampola Sitorus (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Aldi Herindra Lasso (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah formal merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Tulisan ini mengkaji pengimplementasian pendidikan karakter peduli lingkungan di SMPN 2 Pangururan, Samosir, Sumatera Utara. Melalui pendekatan kualitatif, tulisan ini mengelaborasi peranan pembiasaan dan pembudayaan dalam penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa keteladanan yang dipelopori oleh pimpinan sekolah menjadi penggerak utama perubahan yang mendorong berjalannya program kepedulian lingkungan. Budaya sekolah yang terbentuk melalui progamĀ  ini berhasil membuat sekolah lebih sehat dan bersih dan warga sekolah lebih peduli terhadap lingkungan. Melihat besarnya peran keteladanan penting untuk memiliki pimpinan yang memiliki kapabilitas memadai agar mampu menginisiasi perubahan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...