Keterampilan menulis narasi yang dimiliki siswa berbeda-beda, tingkat keterampilan menulis narasi siswa dapat dipengaruhi dari rendah tingginya minat membaca siswa dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat membaca dan keterampilan menulis narasi siswa dan mengetahui sumbangan minat membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa. penelitian dilakukan menggunakan metode korelasi dengan sampel 328 siswa kelas V di dua belas SDN se-Kecamatan Kebumen yang dipilih secara acak dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan uji korelasi dengn taraf signifikansi 0,05 dan mencari sumbangan variabel dengan rumus koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara minat membaca dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen (nilai sig. 0,000 < 0,05). Minat membaca memberikan sumbangan terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 13,01% dan sisanya 86,09% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal tersebut berarti semakin tinggi minat membaca siswa, maka semakin tinggi keterampilan menulis narasi siswa
Copyrights © 2021