EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Model Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Berbasis Entrepreneurship Menurut Perspektif Islam

Asep Supriatna (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Alfyan Syach (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Vina Febiani Musyadad (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Hani Nurhayanti (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Rini Novianti Yusuf (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Membangun lembaga pendidikan pada hakekatnya adalah membangun keunggulan sumber daya manusia, yang menghargai keragaman potensi (multiple intelligences) manusia, pendidikan entrepreneurship menjadi salah satu langkah konkrit untuk lebih memberdayakan lembaga pendidikan Islam. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: konsep manajemen dalam pendidikan Islam, karakteristik manajemen Islam, keunggulan entrepreneurship, kedudukan entrepreneur dalam Islam, dan pengembangan manajemen pendidikan berbasis enterpreneurshif menurut Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang model pengembangan manajemen Lembaga pendidikan berbasis entrepreneurship menurut persfektif Islam. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah library research atau penelitian kepustakaan. Dalam pengambilan data diambil dari beberapa sumber diantaranya; al-Quran, Hadis, Buku-buku Islam dan umum, dan referensi-referensi yang menunjang penelitian ini seperti pendapat para Ulama dan para pakar entrepreneur serta pakar pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan; manajemen yang tepat adalah manajemen yang dapat memberikan nilai tambah pada sebuah lembaga, sedangkan diantara manajemen yang dapat memberi nilai tambah adalah manajemen yang bernuansa entrepreneurship. Dengan demikian pengembangan manajemen pendidikan berbasis entrepreneurship pada lembaga pendidikan menurut Islam sangat penting karena membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan memberi nilai tambah dan kemaslahatan yang banyak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...