EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Naratif Dengan Pendekatan Metakognitif Pada Materi Ketenagakerjaan

Fitria Cholifatoul Muthoharoh (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek pendukung dalam kegaiatan pembelajaran terutama dalam masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan media pembelajaran yang tepat dan memudahkan siswa maupun guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran sangat dibutuhkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan; menganalisis keefektifan melalui ketuntasan hasil belajar; serta kepraktisan dalam penggunaan media melalui angket respon yang diberikan kepada siswa dan guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE oleh Dick & Carry dan menggunakan model ujicoba one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukan persentase validasi kelayakan media sebesar  80% termasuk dalam kategori“Layak”. Sedangkan dalam aspek keefektifan diperoleh skor sebesar 85% dengan kategori “Baik”. Serta skor kepraktisan diperoleh presentase sebesar 89.18% dengan kategori “Sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis vide naratif dinyatakan layak untuk digunakan dalam prose pembelajaran dan menjadi solusi media pembelajaran yang efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran pada masa pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...