EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

Salsha Listya Rosanaya (Universitas Negeri Serabaya, Indonesia)
Dhiah Fitrayati (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Kurangnya dalam memahami materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa, terlebih lagi dengan penerapan pembelajaran secara daring yang mengharuskan siswa dan pendidik memiliki koneksi internet yang stabil, jika tidak maka materi yang disampaikan akan terpotong, pemadatan jam pelajaran membuat peserta didik tidak dapat berlatih jurnal penyesuaian dengan leluasa padahal karakteristik materi itu sendiri membutuhkan penjelasan dan berlatih berulang kali, maka diperlukan suatu pengembangan video pembelajaran beranimasi yang bisa diputar berkali-kali. Berdasarkan dari masalah tersebut, maka dirumuskan tujuan yaitu mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa, dan mengukur efektivitas pengembangan media pada proses belajar dengan memanfaatkan video animasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model Borg and Gall. hasil post test menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81,48% dapat diartikan bahwa telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai 5,124 > signifikansi yaitu 1,706 artinya terjadi peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa materi jurnal penyesuaian yang dibantu dengan video animasi menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa yang mana dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapatkan respon yang postif dari siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...