EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Dampak Implementasi MBKM Terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University

Slamet Riyadi (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia)
RR Sabtanti Harimurti (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia)
Jazaul Ikhsan (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Kebijakan MBKM merupakan bentuk program yang diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2020. Pelaksanaan MBKM yang telah dilaksanakan di UMY baik yang dilaksanakan secara mandiri ataupun melalui program kemendikbud. Dari penerapan MBKM yang telah dilakukan, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana capaian UMY dalam melaksanakan kebijakan MBKM dalam mendukung UMY sebagai research excellence university. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada seluruh dosen dan stuktural dalam kaitannya dengan pelaksanaan MBKM di UMY, kemudian akan dievaluasi keberhasilan program MBKM dalam kontribusi menuju Research Excellence University. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memberikan apresiasi yang positif tentang pelaksanaan MBKM di UMY. Indeks Kinerja Strategis (IKS) UMY telah menggambarkan 8 IKU parameter pelaksanaan MBKM. Di samping itu, kinerja penelitian dan pengabdian UMY juga mengalami peningkatan. Kesimpulan yang diperoleh bahwa Program MBKM selaras dengan program UMY menuju Research Excellence University. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...