EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Satria Kharimul Qolbi (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Tasman Hamami (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2021

Abstract

Setiap masa terdapat perubahan-perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan agama Islam, sehingga pada prosesnya membutuhkan suatu rangkaian pengembangan kurikulum yang tepat dengan pondasi yang kuat agar arah tujuan pengembangannya jelas, maka dari itu diperlukannya asas-asas yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Penulisan ini bertujuan bagaimana kontribusi asas-asas pengembangan kurikulum diterapkan pada pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Metode penlisan ini menggunakan kajian studi kepustakaan mengelola data dengan analisis deskriptif disajikan secara sistematis dan objektif. Dari hasil penelitian terdapat lima asas yang diterapkan pada pengembangan kurikulum PAI. Asas-asas tersebut antara lain asas teologi, asas, filosofis, asas psikologi, asas sosia-budaya, asas ilmu pengetahuan dan teknologi. Penerapan kelima asas tersebut antara lain asas teologi menggunakan Al-Qur’an dan Hadits, asas filosofis menggunakan perpaduan konsep aliran filsafat, asas psikologi menentukan kemampuan sesuai jenjang, asas sosial-budaya menekankan pengenalan budaya, serta asas ilmu pengetahuan dan teknologi memaksimalkan pengembangan tekonologi terhadap kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa implementasi asas-asas pengembangan kurikulum berkontribusi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam secara teoritis maupun praktis dapat menjadi pelengkap bagi pihak-pihak berwenang dalam menyusun keputusan tentang kurikulum pendidikan agama Islam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...