Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan kurikulum di perguruan tinggi berdasarkan pendekatan TQM yaitu pada komponen kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan menggunakan studi kepustakaan atau literature review. Studi kepustakaan sebagai metode yang menggunakan beberapa sumber keilmuan seperti buku, jurnal, artikel, karya ilmiah seperti tesis maupun hasil penelitian lainnya. Adapun teknik analisis data menggunakan proses deskripsi analitis terhadap literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kualitas produk dapat terbentuk dengan menggunakan, pertama: Model serial yang merupakan pendekatan yang menyusun mata kuliah berdasarkan logika struktur keilmuan. Mata kuliah disusun dari yang paling dasar menuju tingkat lanjutan. Dalam model ini dikenal istilah mata kuliah prasyarat, yang menunjukkan keterhubungan mata kuliah yang satu dengan yang lain. Kedua: Model paralel merupakan strategi penyusunan mata kuliah pada setiap semester sesuai dengan tujuan kompetensinya. Model ini setara dengan penggunaan sistem blok, penyusunan mata kuliah berdasarkan ketercapaian kompetensi bukan sekedar berorientasi pada pembelajaran semester. Kepuasan pelanggan terbentuk melalui lima prinsip, yaitu: Fokus pada Pelanggan, Keterlibatan Total, Pengukuran, Komitmen, dan Perbaikan Berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021