EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Implementasi Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah

Tan Gusli (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Sufyarma Marsidin (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rifma Rifma (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Supervise manajerial memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sasaran suvervisi manajerial; pelaksanaan supervise manajerial dan peran pengawas dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilaksanakan pada MIN 3 Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1).Sasaran supervisi manajerial yang telah dilaksanakan oleh pengawas pada madrasah Ibtidaiyah telah terpenuhi sesuai standar kompetensi pengawas yang tertera pada regulasi dan peraturan terkait dengan pengawas.2). Pengawas dalam melakukan supervisi manajerial telah memperhatikan kompetensi kepala madrasah dalam mengelola manajerial.2) Peran pengawas madrasah adalah sangat penting, tanpa adanya supervisei manajerial yang dilaksnakan oleh pengawas di madrasah ibtidaiyah maka madrasah tidak akan mampu mengembangkan madrasahnya. Pengawas bukan hanya sekedar seorang konsultas tetapi juga adalah sebagai motivator dalam rangka meningkatkan mutu pendidkan di madrasah ibtidaiyah.khususnya dan madrasah pada umumnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...