EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengembangan Bahan Ajar Tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku Subtema 2 Berbasis Lokal di Sekolah Dasar

Badratun Nafis (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Maylana Nurfariha (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Srimau Aisyah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Tria Marvida (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya memperhatikan sejauh mana pemikiran siswa berkembang di kelas dan menyempurnakan konsep dengan mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan budaya lokal. Penelitian ini berfokus pada analisis kemungkinan dan kebutuhan pembelajaran yang mendasari pengembangan materi Sub Tema 2 pada Tema 7. Subjek penelitian adalah kurikulum 2013 kelas 4 SDN 1 Peukan Bada Aceh Tahun ajaran 2020/2021. Objek penelitiannya meliputi profil standar kompetensi, dan kompetensi dasar SDN 1 Peukan Bada Aceh yang diajarkan dengan berbasis budaya lokal. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara online. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D, yang memiliki tiga tahap: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian meliputi analisis kurikulum, siswa, sumber daya, materi dan perumusan hasil. Tahap kedua dirancang untuk merancang materi yang sesuai dengan hasil belajar dan indikator yang telah ditetapkan. Tahap ketiga, tahap pengembangan, bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang efektif dengan menguji keefektifan bahan ajar. Hasil dari penelitian ini yaitu keseluruhan KD yang termuat dalam tema 7 subtema 1 bisa diintegrasikan ke dalam pembelajaran berbasis lokal materi. Konsep lokal materi yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran tema 7 subtema 2 adalah konsep materi gerak tari daerah. Materi pembelajaran berbasis budaya lokal dapat digunakan sebagai alat untuk menanamkan kearifan lokal (local wisdom) kepada siswa. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru-guru di SDN 1 Peukan Bada menujukkan bahwa guru berusaha untuk membuat perencanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi ajarnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...