EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Art Therapy dalam Upaya Menurunkan Kecenderungan Agresi pada Remaja Awal

Aironi Zuroida (Universitas Wijaya Putra, Indonesia)
Firsty Oktaria Grahani (Universitas Wijaya Putra, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Tindak kekerasan telah menjadi masalah sosial yang tidak mudah untuk diselesaikan oleh masyarakat maupun oleh praktisi dari berbagai bidang ilmu. Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal yang dikenal sebagai masa storm & stress, peningkatan emosional ini merupakan hasil dari perubahan fisik terutama hormon yang terjadi pada masa remaja. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji efektifitas penerapan art Therapy sebagai upaya menurunkan kecenderungan agresi pada remaja awal. Sejumlah anak remaja di SMP X yang memiliki catatan perilaku agresi dari guru BK dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengunakan rancangan eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian nununjukkan ada perbedaan nilai agresi pada subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan art therapy. Hal ini menunjukkan bahwa art therapy mampu menurnkan kecenderungan agresi pada remaja awal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...