EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Self-Efficacy Guru terhadap Dinamika Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19

Muhammad Shofiyyul Muna (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Nurul Khotimah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Yeni Jamilatuz Zuhaira (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengungkap dan mendeskripsikan bagaimana self-efficacy guru terhadap dinamika pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di SD Negeri Trimulyo II, Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Metodologi yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada seluruh Guru SD Negeri Trimulyo II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy Guru pada SD Negeri Trimulyo II secara keseluruhan berada pada level sedang dan positif. Begitu juga dengan ketiga dimensi self-efficacy yaitu; dimensi magnitude, guru terlihat berada pada level sedang dan positif yang menggambarkan bahwa guru akan berupaya melakukan tugas yang dianggap dapat dilaksanakan dan menghindari situasi serta perilaku yang di luar batas kemampuannya. Kemudian dimensi generality, guru berada pada level sedang dan negatif, keyakinan guru untuk menyelesaikan tugas yang berbeda-beda berada di level sedang. Selanjutnya, dimensi strength, memiliki kesamaan yang berada di level sedang dan positif, bahwa guru memiliki pengharapan yang cukup kuat dan mantap. Sehingga guru terdorong cukup gigih dalam berupaya untuk menyelesaikan tugas. Dengan demikian, dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa atmosfer sekolah yang ternyata dapat menumbuhkan dan memberikan spirit bagi guru serta siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran online selama pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...