EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar

Zahrotu Chaerunisa (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Jamil Latief (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai disiplin belajar siswa kelas V di SDN Cipinang Muara 02 Pagi Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah komperatif, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket, tes, dokumentasi. Pada penelitian ini pengujian analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik, yaitu uji Lilliefors, uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan uji t diperoleh thitung = 3,561 > ttabel = 2,042 dengan pengujian thitung > ttabel, maka H1 diterima. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS di SDN Cipinang Muara 02 Pagi Jakarta

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...