EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021)

Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa?

Amanda Pasca Rini (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia)
I'in Khalimatus Sa'diyah (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia)
Abdul Muhid (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Kemampuan berfikir kritis sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa di abad-21. Dengan memiliki kemampuan berfikir kritis diharapkan siswa mampu meraih sukses dalam kehidupannya. Kemampuan ini bisa diperoleh atau ditingkatkan melalui model pembelajaran tertentu, seperti guided discovery learning. Model pembelajaran kontruktivisme ini akan melatih siswa terlibat aktif serta mengakomodasi kemampuan berpikir kritis mereka. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran guided discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review atau studi kepustakaan dengan menggunakan penelusuran pustaka seperti buku-buku dan artikel secara online maupun cetak, melalui database seperti Researchgate, Spencer Journal dan google scholar. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan diperoleh bahwa model pembelajaran guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Melalui topik utama yang disampaikan guru, siswa akan menyusun hipotesis berdasarkan pengetahuan awal yang mereka dapatkan, kemudian siswa bisa mulai bereksperimen, hingga dapat disimpulkan sebuah konsep atas pengetahuan tertentu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...