EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021)

The Project-Based Learning Approach to Learning Correlational Research for EFL Pre-Service Teachers

Kusrin Kusrin (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Elih Sutisna Yanto (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Dyah Anungrat Herzamzam (STKIP Kusuma Negara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini menggali perspektif mahasiswa perguruan tinggi Indonesia terhadap penelitian korelasi pembelajaran melalui pendekatan Project Based Learning (PBL). Melibatkan 30 mahasiswa semester lima Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti mata kuliah penelitian korelasi selama satu semester, Hal ini dilaksanakan sebelum mahasiswa menulis proposal penelitian. Metode penelitian menggunakan studi kasus. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari angket siswa setelah mereka terlibat dalam proyek selama menyelesaikan tugas penelitian korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL adalah pendekatan yang baik dan efektif untuk memberdayakan siswa menyelesaikan proyek untuk memberi energi kepada mereka, membangun kerja tim yang kohesif, menyusun prosedur kerja, berdiskusi dan bertukar pendapat, dan menyusun data yang dikumpulkan menjadi proyek yang siap pakai melaporkan penelitian korelasional untuk presentasi di depan audiens sesudahnya. Semoga hasil penelitian ini dapat menginspirasi guru untuk mengembangkan PBL sebagai pendekatan alternatif dalam pembelajaran dengan mata pelajaran yang berbeda untuk membawa siswanya menjadi pembelajar yang mandiri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...