EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021)

Pengaruh Pengantar Akuntansi Dan Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Pemoderasi

Leny Octaviana (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Rochmawati Rochmawati (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Untuk mendapatkan nilai atau hasil belajar praktikum akuntansi yang maksimal, diperlukan proses belajar yang optimal dan pemahaman yang baik. Penelitian dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh pengantar akuntansi, perilaku belajar serta motivasi belajar sebagai variabel moderasi terhadap hasil belajar praktikum akuntansi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya angkatan 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif kausalitas, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan pengumpulan data dari kuesioner serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic 21. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh mata kuliah pengantar akuntansi terhadap hasil belajar praktikum akuntansi. 2) Tidak terdapat pengaruh pengantar akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi. 3) Terdapat pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi. 4) Motivasi belajar bukan pemoderasi pengaruh pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi. 5) Motivasi belajar merupakan variabel moderasi pengaruh pengantar akuntansi dan perilaku belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...